Saturday, June 18, 2011

Tidur Untuk Tingkatkan Performa


https://lh5.googleusercontent.com/_YwAkax4CMSg/TV8oMaEQ9hI/AAAAAAAAAV0/EAXKGQJPkok/sweet-dreams-wazza.jpg

Gelisah, tangan dan kaki pegal, kurang energi, bertambahnya berat badan, dan menurunnya massa otot. Semua itu dampak dari kurang tidur. Matt Pears, pelatih pengondisian dan kekuatan Leeds United, menjelaskan kepada FourFourTwo seberapa pentingnya tidur nyenyak sebelum sebuah pertandingan penting.

Seberapa lama seorang harus tidur?
Setidaknya tujuh hingga sembilan jam, setidaknya tidak boleh kurang dari 6 jam. Dalam waktu itu, tubuh anda akan memperbaiki jaringan otot dan mengisis cadangan energi. Tubuh anda juga meningkatkan produksi hormon pertumbuhan dan mengurangi hormon penyebab stress, kortisol

Apa yang bisa diminum dan dimakan untuk menambah kualitas tidur?
Santaplah makanan yang mengandung karbohidrat yang memiliki indeks glikemik rendah hingga menengah dengan sedikit protein. Sebab Protein merupukan sumber Triptofan, yaitu asam amino yang membantu produksi serotonin dan melatonin yang membantu meningkatkan kualitas tidur. Kalsium juga akan membantu meningkatkan kerja triptofan. Jadi makanan yang terbaik yang dikonsumsi adalah buah-buahan, roti panggang dengan selai kacang, kacang-kacangan tanpa garam, atau sereal gandum dengan susu.

Hal-hal praktis apa yang bisa saya lakukan?
Cobalah memiliki jadwal tidur rutin. Tubuh anda akan beradaptasi dengan rutinitas itu dan mengantuk dengan sendirinya. Anda harus memprogram jam tubuh anda.

Bagaimana caranya membuat kondisi sekitar lebih kondusif untuk tidur?
Usahakan suasana di sekitar anda sesuai untuk tidur. Gelap, rileks. Contohnya tekuk jari-jari anda untuk beberapa detik dan lepaskan, lalu coba hal yang sama di betis anda. Tegangkan otot hingga maksimal dan kemudian lemaskan. Lakukan ini dari kepala hingga ujung kaki.

Jika tidak berhasil?
Jangan paksakan diri, Justru tidak akan berhasil. Jika anda tidak berhasil tidur setelah 20 menit, bangun, coba jalan-jalan sejenak, baca buku, atau mungkin menonton televisi sebentar, tunggu hingga tubuh anda lelah.

Apa yang bisa saya makan atau minum untuk membangunkan tubuh saya setelah tidur malam yang buruk.?
Kafein atau karbohidrat dengan indeks glikemik tinggi, seperti Powerade akan memberi tubuh anda gula yang cepat bereaksi dan kafein akan menstimulasi adrenalin serta kecepatan bereaksi. Roti putih juga bagus untuk dikonsumsi.

Setelah bermain, bagaimana saya menenangkan tubuh untuk istirahat agar penampilan berikutnya lebih bagus?

Dinginkan tubuh dengan benar dengan cara joging ringan dan peregangan. Ini membantu mengurangi level aktivitas saraf dan melepaskan ketegangan pada otot-otot anda.

Apakah tidur siang bisa membantu performa saya?
Saya tidak menyarankan tidur siang karena tidur merupakan siklus dan tidur siang pasti akan mempengaruhi ritme natural tubuh anda. Tidur siang bisa dilakukan jika anda benar-benar membutuhkannya.

Source : FourFourTwo

No comments:

Post a Comment