Wednesday, June 8, 2011

Mengatasi Padatnya Jadwal Pertandingan

https://lh3.googleusercontent.com/_ldOHWQpICrY/TX7UbQ5HXaI/AAAAAAAAAkw/juahmKyGEHA/coping-with-fixture-congestion.jpg
Anda menjalani jadwal pertandingan yang sangat padat? Tak perlu khawatir. Pelatih kebugaran Derby County, Steve Haines menawarkan saran soal cara berlatih, makanm, dan tidur saat pertandingan menumpuk

1. Kurangi Latihan

Bermain dua kali dalam sepekan membuat tubuh kelewat lelah dan itu bisa mendatangkan cedera dan rasa letih berlebihan. Solusinya mudah saja : Ringankan porsi latihan. “Ketika menghadapi banyak pertandingan dalam waktu berdekatan, anda mesti memodifikasi latihan, terutama sehari setelah pertandingan,” Kata Steve Haines.
“Bukan berarti anda bersantai, melainkan memadatkan latihan jadi sesi-sesi pendek tapi intens. Dengan begitu, kebugaran tetap terjaga tapi resiko cedera berkurang”

2. Jangan Lewatkan Peregangan.

Peregangan penting dan jadi sangat penting jika anda lebih sering bermain. “Jangan abaikan pemanasan sebelum latihan dan prapertandingan, juga pendinginan seusai latihan dan prapertandingan” Kata Haines.
“Kebanyakan pemain suka mengambil jalan pintas dalam pekan-pekan yang sibuk, terutama dalam melakukan pemanasan dan peregangan, yang sering mereka anggap membosankan. Kalau anda begitu saat menghadapi banyak pertandingan dalam waktu dekat, maka cedera sudah menanti anda, tentu saja itu bukan hal yang anda inginkan”

3. Karbohidrat Adalah Kunci

Hal yang paling tidak diinginkan dalam pekan-pekan yang padat pertandingan adalah kehabisan tenaga, “Tubuh anda harus mendapatkan asupan dengan baik saat menghadapi jadwal pertandingan padat” Kata Haines.
“Menu makanan yang kaya karbohidrat pada malam sebelum pertandingan dan berjam-jam sebelum kick off akan memastikan anda tak kehabisan energi sampai akhir pertandingan. Mengkonsumsi Powerade ION4 juga akan membantu karena minuman ini tidak saja memberikan kombinasi berbagai karbohidrat untuk memberikan nutrisi pada otot dan mempertahankan vitalitas selama pertandingan, Asupan karbohidrat pasca pertandingan juga membantu mengisi kembali energi yang habis sehingga sangat membantu pemulihan tenaga”

4. Tambah Waktu Tidur

Waktu yang anda habiskan di lapangan lebih banyak dari biasanya. Itu berarti anda perlu tambahan waktu juga untuk tidur, “Anda tidak bisa menjalani jadwal yang padat itu tanpa memberi tubuh waktu untuk beristirahat dan memulihkan diri,” Kata Haines, “Karena itu sangat penting untuk tidur paling tidak 7 jam dalam semalam, Seperti yang kami katakan kepada pemain Derby, tidur satu jam sebelum tengah malam nilainya dua kali lipat dibandingkan dengan setelahnya”
Source : FourFourTwo

No comments:

Post a Comment